Perawatan Kopi

Foto Mukidi Mukidi.
Kebun Kopi MUKidi

Kopi sekarang banyak digandrungi bagi semuanya orang, Namun tidak semua orang tahu proses awal dari kopi. Mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan, proses paska panen. Orang selama ini tahu kopi setelah jadi secangkir kopi. Berapa lama waktu kopi ditanam terus panen, orang juga banyak yang belum tahu. Siapa yang melakukan dari semai tanam dan pemeliharaan tak lain itulah petani.

Dari biji yang seperti apa untuk biji disemai? berapa lama waktu semai untuk siap tanam? setelah tanam untuk siap panen atau berbuah berapa lama? setelah berbuah trus diproses seperti apa? setelah kupas trus disangrai profil seperti apa? begitu banyak cerita kopi.

Kali ini penulis akan cerita perawatan pohon kopi. Kopi siap tanam umur sekitar 8 bulan sampai 12 bulan. Tanam dikebun umur 2,5 tahun untuk arabika baru bisa mulai panen itu pun belum banyak. Sa’at tanam sampai pada ketinggian pohon 80 cm s.d 120 cm harus dipangkas dulu. Pemangkasan pertama ini untuk menghasilkan kekuatan batang.

Tahap selanjutkan ada pemangkasan tunas air, pemangkasan cabang skunder untuk mengatur agar normal buahnya, atau keteraturan berbuahnya. Pemupukan tentunya satu hal yang tidak boleh dilupakan. Itulah sekelumit tentang perawatan kopi. Penulis bisa tulis lebih detail pada tulisan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *