Cara MPIG KAJSS Berbagi

Cara MPIG KAJSS Berbagi

Minggu pon bagi petani yang tergabung dalam MPIG KAJSS merupakan hal yang paling bahagia. Hari ini merupakan ajang ketemu untuk bedah pengetahuan dari banyak hal terkait dengan perkopian.
Minggu pon kali ini jatuh pada tanggal 4 Maret 2018, dan pertemuan di salah satu anggota MPIG KAJSS, tepatnya di rumah Pak Didik Dusun Sangkon, Desa Tuksari, Kecamatan Kledung.
Pertemuan dimulai kurang lebih jam 14.00 wib, pembukaan dibawakan oleh salah satu anggotan MPIG KAJSS dengan rututan acara sambutan tuan rumah. “saya mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kedatangannya dan semoga pertemuan seperti ini membawa manfaat bersama” begitu papar Didik selaku tuan rumah, dan bendahara MPIG KAJSS.
Lanjut acara berikutnya sambutan dari Ketua Umum MPIG KAJSS begitu suara pembawa acara. “Pertemuan rutin ini mari manfaat untuk saling belajar, tentang banyak hal mulai dari budidaya, panen dan proses paska panen jadi bean, dengan banyak pengetahuan tentunya ketika diimplementasikan akan berpengaruh dalam hal harga dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani,”begitu jelas Pak Tuhar.
Acara berikutnya berlanjut agenda yang yang disepakati yaitu tentang teori pemangkasan kopi. Materi kali ini disampaikan oleh seksi budidaya, sosok yang satu ini merupakan petani begitu mahir dan trampil dalam memanfaatkan gunting ketika di kebun kopi. Kemahiran memainkan gunting tersebut ternyata didukung juga dengan pengetahuan atau teori tentang pangkas perkopian.
Pak Yamidi mulai sampaikan pada tinggi berapa kopi itu harus dipangkas dan dengan model pangkas apa. “pangkas bentuk merci, spiral dan payung, ini semua bisa jadi pilihan,” jelas Yamidi.
“pangkas bentuk merci ini akan lebih baik ketika tanaman ini dilakukan pada tanaman masih muda, namun ketika tanaman sudah terlanjut besar karena dibiarkan atau belum pernah paham tentang pemangkasan sebaiknya dipangkas pada ketinggian maksimal yaitu 180cm serta bisa dijadikan pangkas bentuk payung,” paparnya.
“pangkas bentuk itu merupakan pilihan masing-masing pemilik kebun, dan tidak kalah penting ada beberapa jenis satang atau tunas yang harus dipangkas. Seperti cabang-cabang yang tidak berguna :
1. Cabang kipas
2. Cabang balik
3. Cabang Cacing
4. Cabang Pecut
5. Cabang Maling
6. Cabang Lanang
7. Cabang ora atau tunas air.
Itu semua cabang harus dipangkas, karena tidak akan menghasilkan buah yang bagus,”imbuhnya.
Yamidi menjelaskan banyak tentang cabang tersebut dengan banyak gambar. Mulai dari kipas hingga tunas air dengan detail mulai dari dimana cabang itu tumbuh hingga ciri-cirinya. Sambil memaparkan disitu juga terjadi diskusi langsung karena pertanyaan dibuka saat itu juga.
Diskusi merupakan proses saling belajar sehingga akan semua paham itulah organisasi. Lanjut acara selanjutnya adalah tentang organisasi yang disampaikan oleh penulis yang ditunjuk sebagai ketua 2 dalam MPIG KAJSS.
Mukidi mengajak untuk bercermin, atau koreksi terhadap organisasi yang digeluti. Mulai dari sumber daya manusia, bagaimana kemampuan SDM kemampuan dalam perkopian. Komitmen untuk memperbesar organisasi atau yang bisa disebut berintegritas tinggi dengan organisasi.
Bercermin itulah sehingga kita akan bisa selalu tahu kemampuan dan kekurang kita, hingga sampai akan menentukan strategi. Acara selanjutnya lain lain yang langsung dipandu oleh ketua umum pak Tuhar. Pertanyan terkait dengan agenda rutin pelatihan dan materi pertemuan. Semua pertanyaan akan jadi agenda pada pertemuan-pertemuan berikutnya.
Hadir juga dalam pertemua pak Dadi dari Dinas pertanian Kabupaten Temanggung memberikan masukan dan motivasi. Bahwa organisasi harus menyusun program kerja dan pertemuan rutin harus dilakukan. Ini semua tidak luput dari semangat kebersamaan untuk saling belajar tak lupa adalah semangat-semangat pengurus yang luar biasa.
“semangat pengurus untuk membagikan pengalaman tentang kopi dengan anggotanya ini yang menjadi tolak ukur akan majukan organisasi,”jelas pak Dadi. Pertemuan yang disepakati selesai jam 17.00 ternyata tidak bisa karena terjadi diskusi artinya pertemuan itu mengasyikan, termasuk saling berbagi itu juga menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *