Berguru Sajian Kopi Tradisional

Berguru Sajian Kopi Tradisional

Kopi selalu dicari, dari anak muda hingga orang tua. Kopi jadi teman di meja ketika ngobrol, bahkan kopi merupakan bisnis yang tak akan henti. Dari angkringan hingga kedai yang mewah, bisa dikatakan kopi jadi selera rakyat.
Dalam dunia bisnis ada idealis konsep tapi jangan sampai lupa akan selera konsumen. Selera konsumen itu perlu bidikan yang tepat, meramu atau memadukan kopi dengan es, atau susu. Perpaduan tentunya akan jadi ciri masing masing kedai kopi dan justru disitulah akan muncul ciri khas antar satu kedai satu dan yang lainnya.
Penulis kali ini berguru dengan Guspur, siapa yang tidak tahu beliau. Sosok yang ahli memainkan sajian kopi secara tradisional, dengan rasa yang melekat di lidah konsumen. Guspur panggilan yang akrabnya disapanya, owner dari Kopi Tarik Ungaran.
Sudah lama penulis janjian sama Guspur, tapi baru sempat berkunjung ke padepokannya. Tepatnya hari Kamis, 26 April 2018 baru bisa silaturahmi ke Omah Kopi Guspur.
Guspur ternyata memiliki padepokan, di Desa Gondoriyo, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Penulis sebut padepokan karena kedepan tempat ini mau dijadikan semacam sanggar. Dari obrolan dengan Guspur nanti tempatnya bisa untuk semacam pameran produk tapi letaknya di desa, dan masyarakat bisa terlibat langsung.
Pedepokan yang bangunan utama dari kayu dengan bentuk Rumah Joglo ini, menambah suasana semakin nyaman, apalagi terdengar alunan musik gending-gending Jawa. Bangunan yang disekitarnya ada banyak pohon keras seperti sengon dan lainnya, terlihat juga pohon kelapa ketika angin berhembus semakin menambah sejuknya udara disekitarnya.
Obrolan tentang kopi dan lainnya menghanyutkan suasana hingga sore. Penulis mohon pamit dengan sang empunya, dan bagi yang penasaran dengan Guspur serta racikannya silakan kunjungi padepokan tersebut atau langsung datang ke kopi tarik Ungaran.
Penulis ucapkan terimakasih atas ilmunya dan jamuannya, itulah “secangkir kopi ada cerita,banyak saudara dan penuh cinta”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *