fbpx
Kenal Supaya Sayang

Kenal Supaya Sayang

Tak kenal maka tak sayang begitu kata pepatah. Hal itu berlaku untuk apapun tak lain untuk kopi. Kopi merupakan komuditas perkebunan yang menjanjikan. Bahkan dalam dunia bisnis siapa yang tidak tahu, perkembangan bisnis kopi terutama di kedai kopi perkembangannya begitu cepat.

Perkembangan kedai kopi begitu cepat artinya tingkat peminat pasar lokal sungguh menjanjikan. Tentukan pertumbuhan pasar yang cepat harus juga diimbangi dengan produksi tak lain pada sisi budidaya.

Sisi budidaya ini merupakan hal yang paling dasar. Petani merupakan ujung tombak dalam hal budidaya. Kepemilikan lahan yang sempit dan harus berfikir cerdas agar tingkat produksi meningkat ini perlu banyak hal yang dilakukan.

Budidaya ini meliputi dari persiapan bibit yang bagus/unggul, pemupukan, pemangkasan. Tahap selanjutkan adalah paska panen kopi, petik merah itu hal yang harus dilakukan. Sortasi awal memilih buah usai petik yang bagus atau full merah dan kurang merah. Perambangan awal merupakan langkah yang harus dilakukan agar buah bagus dan kurang bagus bisa dibedakan.

Paska panen juga bisa banyak proses mulai dari natural dan lainnya. Pada tahapan proses ini juga bisa mempengaruhi pada aroma dan cita rasa. Tahap selanjutnya pada sortasi biji kopi. Sortasi biji yang masih mentah yaitu untuk memisahkan kopi yang utuh, pecah, hitam dan lanang.

Pengenalan kopi selanjutnya adalah pada sangrai kopi. Pada sangrai kopi ini perlu mengenal biji kopi, mesin sangrai. Tentunya setiap mesin itu beda bahan bakunya,dan ini yang harus semua orang pahami, karena ketebalan plat dan lainnya.

Penyajian ini yang jadi menarik dan semua orang ingin bisa bikin kopi sendiri, bahkan sekarang sudah mulai banyak rumah yang punya alat manual agar bisa bikin kopi sendiri. Mengenal lebih dekat akan semakin nikmat kopi yang kau buat, dan ituah “secangkir kopi ada cerita banyak saudara dan penuh cinta” itulah slogan dari kopi mukidi. Bagi yang minat untuk belajar kenal kopi lebih dekat bisa kok kelas privat maupun kelompok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *