fbpx
Bersinergi Membangun Kekuatan

Bersinergi Membangun Kekuatan

Berkelompok itulah sebuah kodrat manusia sebagai makhluk sosial. Salah satu langkah agar paham dan memahamkan pikiran kepada semua anggota tak lain yaitu pertemuan kelompok.

Kelompok tani “Mekar Tani Jaya” Dusun Jambon Desa Gandurejo Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Pertemuan rutin kali ini membahas banyak hal, bahkan menghadirkan banyak narasumber. Narasumber tersebut mulai dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung maupaun dari Kecamatan Bulu.

Penyuluh lapangan Muhammad Ikaf H, memberikan arah terkait pupuk yang belum diambil dengan kartu tani segera diambil. Jadi menarik kerena pertemuan kali ini juga hadir dari BPJS Ketenagakerjaan dan sosialisasi tentang BPJS non upah.

Saya sedikit memberikan masukan tentang berorganisasi agar kuat. Dan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Temanggung memberikan tentang tembakau murni Temanggung yaitu Kemloko,begitu arahan dari Pak Dadi. Menghimbau kepada semua petani kalau mau tanam bisa minta bijinya dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Dan dari narasumber berikutnya masih dari dinas terkait memberikan masukan bagaimana agar kelompok ini maju, harus ada pertemuan rutin, terkait adminitrasi kelompok lengkap dan jangan lupa untuk menggali dana. Dana bisa dicari dengan banyak cara, mulai iuran atau dan lainnya.

Pertemuan kali ini berakhir sekitar jam 16.30 tapi karena pertemuan dianggap sehingga ada kelanjutan untuk dilanjut pada jam 20.00 wib. Lokasi pertemuan malamnya ditempat penulis di “Rumah Kopi Mukidi”.

Hadir pertemuan malam harinya, 16 orang dari 22 anggota. Petemuan pada malam harinya bagaimana kelompok bisa maju, salah satunya adalah membuat aturan. Penulis memberikan sedikit tentang aturan kelompok dari waktu pertemuan rutin dan tingkat kedatangan. Bagaimana ketika datang terlambat dan tugas kelompok yang harus mengeluarkan anggaran dan sumber anggarannya gimana.

Pertemuan lumayan sedikit 2 jam lamanya tapi menghasilkan keputusan yang luas biasa. Memupuk kebersamaan kelompok dan anggota, dan itulah “secangkir kopi ada cerita, banyak saudara dan penuh cinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *