fbpx
Proses kopi

Proses kopi

Bicara kopi, tentu tak ketinggalan Kopi Temanggung. Kabupaten yang berada di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro ini untuk kopinya sudah memiliki tanda Indikasi Geografis atau IG. Kopi Temanggung mempunyai karakter beda sesuai dengan yang muncul ditanda IG tersebut. Rumah Kopi Mukidi yang beralamat di Jambon Desa Gandurejo Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung melakukan beberapa proses kopi.

Proses kopi itu ada banyak macamnya, mulai yang natural, honey proses, wine proses, full wash. Tentunya kopi Temanggung dan petani kopinya juga melakukan proses tersebut. Proses yang sesuai SOP IG arabika maupun robusta tentunya petani sudah melakukannya, dan mengaju pada sop yang sudah dibuatnya.

Kopi temanggung baik arabika dan robustanya sudah memiliki tanda IG. Untuk kopi yang arabika pada wilayah dataran tinggi diatas 800 m dpl. Proses kopi akan berpengaruh pada cita rasa dan aromanya. Proses natural dan proses basah pasti akan beda hasilnya mulai dari visual beannya dan aromanya, serta rasanya, itulah kopi. Pada garis besarnya kopi harus petik merah dulu, baru kemudian proses perambangan. Usai perambangan dilanjut pada ada yang langsung dijemur, dikupas kulit luarnya, usai kupas direndam itulah yang membedakan nama-nama dalam proses kopi.

Untuk lebih detailnya akan dibahas lebih lanjut tiap proses kopi, dan itulah secangkir kopi ada cerita banyak saudara dan penuh cinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *