fbpx
Tahapan Natural Hingga Secangkir Kopimu

Tahapan Natural Hingga Secangkir Kopimu

Ketika bicara paska panen kopi, sudah pasti proses kopi akan jadi tema yang menarik. Salah satunya adalah proses natural, yang banyak dilakukan petani kopi. Tentunya bagi penikmat kopi atau para pemburu kopi harus tahu tahapan proses tersebut.
Menikmati kopi dengan mengenal proses akan semakin menambah wawasan tentang khasanah perkopian. Natural proses yaitu kopi yang sudah buah merah dan dipetiknya. Proses sortasi usai petik yaitu penyeragaman tingkat kematangan buah.
Perambangan buah tak kalah pentingnya untuk memisahkan buah yang bagus dan kurang bagus. Buah yang bagus tandanya yang tenggelam, pisahkan yang tenggelam dan buah kopi mengapung.
Tiriskan dan jemur buah kopi yang tenggelam. Penjemuran proses natural ini membutuhkan waktu lama, bahkan hingga sampai 30 hari. Ketika sudah benar-benar keringnya baru dilakukan pengupasan kulit, dengan mesin kupas atau huller.
Sortasi bean sebelum disangrai sangat penting. Usai sangrai baru digrinder untuk bisa jadi seduhkan kopi. Tahapan proses itu jadi semakin menambah nikmatnya secangkir kopimu. Itulah “secangkir kopi ada cerita banyak saudara dan penuh cinta”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *