fbpx
Semerbak Harumnya Kopi Temanggung

Semerbak Harumnya Kopi Temanggung

Begitu memasuki halaman gedung pemuda Kabupaten Temanggung, semerbak harum wanginya kopi tercium. Stand kopi berjejer dari berbagai penjuru Kecamatan di wilayah Kabupaten Temanggung. Dari Temanggung sebelah barat,timur, selatan maupun utara semua menampilkan produk kopinya, dengan aneka proses sampai pada produk olahannya.

Panggung utama tertulis “Temanggung Surganya Kopi” merupakan tema yang diangkatnya. Haman Nashirudin, 23 tahun selaku ketua panitia pelaksana mengatakan “bahwa festival kopi ini merupakan langkah kongkrit untuk membranding Kopi Temanggung ke kancah nasional”.

“festival ini juga merupakan sarana belajar bersama, karena ada beberapa kegiatan mulai dari icip kopi, saresehan kopi, serta literasi kopi,” jelasnya. “cupping contest hanya diikuti khusus untuk kopi dari wilayah Temanggung. Sedangkan lomba seduh kopi, bisa menggunakan kopi dari Temanggung maupun kopi dari luar Kabupaten Temanggung,” imbuhnya.

Terlihat beberapa stand memajang produk olah basah sesuai standar indikasi geografis untuk kopi arabika. Seperti terlihat di stand AF Coffee, kopi posong. Tak ketinggalan juga indikasi geografis kopi robusta juga menampilkan kopi dengan proses kering.

Gaya menarik pengunjung tiap stand beda-beda, ada yang memanjang produk selain kopi seperti mesin sangrai kopi. Tapi juga terlihat juga yang memakai pohon kopi yang ditanam pada pot plastik besar. KPP pratama Temanggung juga menampilkan stand untuk ngobrol pajak dengan tema “ngopi gratis ngobrol pajak” terlihat beberapa orang lagi diskusi tentang pajak.

Beberapa orang terlihat baru mempersiapkan kopi yang akan diicip oleh beberapa juri. Hembusan angin menebarkan aroma kopi yang belum diseduh, sudah dalam cangkir. Semerbak aroma kopi itu yang menghiasi “surganya kopi Temanggung”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *